Jumat, 13 Januari 2012

Tips Olahraga Tepat Untuk Jantung

Penyakit jantung kadung terkenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Tak pelak, penyakit ini seringkali menjadi momok menyeramkan bagi orang-orang, pasalnya penyakit jantung kerapkali menyerang secara tiba-tiba, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diantisipasi.

Banyak cara untuk mencegah atau mengantisipasi penyakit jantung. Salah satunya adalah lewat olahraga rutin setiap hari. Tapi, tidak semua olahraga baik untuk kesehatan jantung. Nah, guna membantu Anda menentukan pilihan olahraga yang tepat, berikut uraian dari Kardiolog Arthur Agatston, MD, yang dikutip pada laman Media Indonesia beberapa waktu lalu.

Terbaik

Olahraga dengan jeda (interval training)

Tipe olahraga ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes, menurunkan berat badan, serta meningkatkan kebugaran tubuh. Strateginya, cobalah memadukan aktivitas intensitas tinggi jangka pendek dengan aktivitas yang lebih ringan dan lama. Sebagai contoh, jika Anda pilih olahraga berjalan, cobalah jalan dengan kecepatan normal selama tiga menit dengan jalan cepat selama satu menit. Lakukan secara berselang-selang.

Menaikkan dan menurunkan detak jantung secara berkelanjutan menurut Agatston akan memperbaiki fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan membuat tubuh lebih efisien dalam membakar lemak dan gula dari darah.

Aktivitas yang banyak melibatkan otot

Semakin banyak otot yang terlibat dalam suatu aktivitas, jantung akan bekerja semakin keras, sehingga jantung juga akan semakin kuat. Olahraga seperti mendayung, berenang, cross country, ski, dan berjalan dengan tongkat merupakan contoh aktivitas yang melibatkan banyak otot tanpa menciderai otot Anda.

Latihan beban

Ini merupakan salah satu bentuk latihan interval. Anda meningkatkan detak jantung selama melakukan pengulangan dan kembali melakukan pemulihan diantara set.

Latihan yang menguatkan otot perut

Anda bisa mencoba pilates. Olahraga ini berfungsi menguatkan otot-otot perut serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan.

Yoga

Yoga membuat Anda rileks, sehingga menurunkan tekanan darah, membuat pembuluh darah lebih lentur dan memperbaiki kesehatan jantung. Yoga juga bermanfaat untuk menguatkan otot perut.

Aktivitas sepanjang hari

Orang yang aktif sepanjang hari seperti membersihkan rumah, berkebun, atau mengerjakan tugas lainnya, membakar lebih banyak kalori dan secara umum lebih sehat dibandingkan mereka yang berolahraga selama 30-60 menit dan sisanya duduk di depan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar