Jumat, 13 Januari 2012

ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PROFESI KEGURUAN

Pengertian Administrasi Pendidikan
Administrasi Pendidikan seringkali diartikan sebagai semata-mata ketatausahaan pendidikan. Namun menurut Culbertson (1982) mengatakan bahwa Schwab pada tahun 60-an telah mendiskusikan bagaimana kompleknya administrasi pendidikan sebagai ilmu.
Pengertian Administrasi pendidikan akan diterangkan dengan meninjaunya dari berbagai aspeknya. Marilah kita lihat administrasi pendidikan dari berbagai aspek itu, agar kita dapat memahaminya dengan lebih baik.
a) Administrasi pendidikan mempunyai pengertian kerja sama untuk mencapai pendidikan.seperti kerja sama di antara semua personel sekolah seperti guru, murid, kepala sekolah, staf tata usaha, danorang diluar sekolah yang ada kaitanya dengan sekolah.
b) Administrasi pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencapaai tujuan pendidikan. proses itu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemantauan, dan penilaian.
c) Administrasi pendidikan dapat dilihat dengan kerangka berfikir sistem. Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam suatu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar