Jumat, 13 Januari 2012

MEDIA PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR

Kata media berasal dari bahasa latin yang artinya “medium” yaitu prantara atau Pengantar.
Pengertian Media :
1. Menurut AECT : “segalah bentuk dan alas an yang digunakan orang untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan atau informasi.
2. Menurut Gagne : “Berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar”
3. Menurut Brigga : “ segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa belajar”
4. Menurut Nea : “ Bentuk-bentuk Komunikasi Baik tercetak Maupun Peralatannay.

jadi dapat disimpulkan bahwa media adalah “segalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar mengajar.

Bahan Ajar
Pengertian Bahan Ajar: “ Bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
1. Media Cetak
a. Ellington dan Race (1997) : Media cetak merupakan pengelompokan jenis bahan ajar yang terdiri dari Handouts, Lembar kerja siswa, Bahan belajar mandiri, dan bahan untuk belajar kelompok.
b. Rowntree (1994) : “ Media cetak adalah bahan ajar yang berbasis cetak termasuk didalamnya buku, modul, pamphlet, panduan belajar siswa, bahan tutorial, buku kerja siswa, peta dan charts.
c. Media cetak adalah bagian dari bahan ajar yang merupakan sejumlah bahan yang disiapkan dalam bentuk kertas yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran atau penyampaian informasi.

 Kelebihan medi cetak
a. Self sufficient
b. Portable
c. Browsing
 Kelemahan media cetak
a. Tidak mampu mempresentasikan gerakan
b. Tidak mampu tampil secara berurutan
c. Butuh biaya untuk mencetak yang lebih bagus
d. sulit memberikan bimbingan kepada pembaca yang bermasalah.
 kategori media cetak
a. Modul : Terdiri dari bermacam-macam bahan tertulis yang digunakan untuk belajar mandiri
b. Handout : Merupakan macam-macam bahan cetak yang dapat memberikan informasi kepada siswa dimana hubungan dengan materii yang diajarkan. pada umumnya handout ini terdiri dari cetakan baik lengkap maupun kerangkanya saja, table diagram, peta dan materi-materi tambahan lainnya.
c. Lembar kerja siswa : termasuk didalamnya adalah lembar kasus, daftar bacaan, lembar praktikum, lembar pengarahan, tentang proyek dan seminar lembar kerja dan lain-lain. LKS dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam situasi pembelajaran.
2. Media Audiovisual adalah segalah sesuatu yang memungkinkan sinyal audio dapat dikombinasikan dengan gamabar bergerak secara sekuensial. program pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang tidak terduga kepada siswa dengan cara memperagakan.
 Video dan televise merupakan bahan ajar non cetak (media audiovisual) yang kaya informasih dan lugas untuk dimanfaatkan dalam program pembelajaran karena dapat sampai kehadapan siswa secara langsung
 Video dan tellevisi menmbah suatu dimensi baru terhadap pembelajaran.
 Siswa dapat menemukan gambar di bahan cetak dan suara dari program audio.
 Video dan televise dapat memberikan gambar bergerak kepada siswa, disamping suara yang menyertainnya.
3. Media Berbasis Komputer

 pemanfaatan computer untuk program pembelajaran dapat langsung dioperasikan oleh siswa langsung atau terkoneksi dengan computer lain melalui penayangan sesuatu untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar